”RENCANA NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA”

Rencana Nasional Penanggulangan Bencana, yang dilaksanakan oleh Direktur Pembinaan PK dan LK, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana Tanggal 29 Pebruari s/d 03 Maret 2016 bertempat di Indoluxe Hotel Yogyakart Jalan Palagan Pelajar No. 106 Yogyakarta .

Peserta yang hadir berjumlah 94 orang,  yang terdiri dari Kepala Subdit di Lingkungan Dit. PPKLK Dikdasmen berjumlah 4 Orang, Kepala Seksi dan Kasubag Dit. PPKLK Dikdasmen berjumlah 9 Orang, Calon Tim Satgas Bencana LPMP berjumlah 33 Orang, Calon Tim Satgas Bencana Dinas Provinsi berjumlah 34 Orang, Calon Tim Satgas Bencana Direktorat Teknis berjumlah 5 Orang, Tim Satgas Bencana Direktorat PPKLK berjumlah 5 Orang dan Organisasi Mitra Sekolah Aman berjumlah 4 Orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk : Mensosialisasi peta bencana nasional, Mensosialisasikan konsep sekretaris bersama penanggulangan bencana, Mensosialisasikan konsep sekolah aman, Menyusun output satgas tanggap darurat bencana.

Hasil dari kegiatan ini adalah : Tersosialisasinya peta bencana nasional, tersosialisasinya konsep sekretaris bersama penanggulangan bencana, tersosialisasinya terkait konsep sekolah aman, tersusunnya draf satgas tanggap darurat bencana.

Pada Rencana Kegiatan Nasional Penanggulangan Bencana, LPMP bekerjasama dengan Satgas PB dalam hal :

Menyusun Rencana Kontinjensi dan Kesiapsiagaan di Pendidikan Dasar dan Menengah, Pelatihan anggota tim satgas bencana dan anggota tim satgas di tingkat daerah, Penyusunan pedoman pelaksanaan, sosialisasi, advokasi dan monev strategi pengarusutamaan pengurangan risiko bencana di sekolah, Penyusunan pedoman pelaksanaan, sosialisasi, advokasi, dan monev tanggap darurat, Penyusunan pedoman pelaksanaan, sosialisasi, advokasi dan monev pasca bencana, Memastikan tersedianya data sekolah di daerah rawan bencana di seluruh Indonesia sebagai dasar penghitungan potensi kebutuhan sekolah darurat bila terjadi bencana, Sosialisasi Pengurangan Risiko bencana di Pendidikan kepada berbagai pihak baik lembaga penyelenggara sekolah darurat, Membangun data base di tingkat nasional lembaga penyelenggara sekolah darurat, lembaga penyedia perangkat Sekolah Darurat dan lembaga yang memobilisasi tenaga guru relawan/pendidik  sekolah darurat terutama dari wilayah terdekat yang tidak terkena dampak bencana,  Menyediakan suplai, membangun rantai distribusi dan koordinasi lembaga-lembaga yang memiliki program penyediaan perangkat Sekolah Darurat berupa tenda sekolah (atau perangkat lain sebagai ruang belajar sementara), tas aman shiaga, alat peringatan dini, rambu-rambu evakuasi,  alat penyelamatan diri (masker, helm, tali peluncur, dst) perangkat pembelajaran (kit) untuk sekolah sementara, perangkat pembelajaran (kit) untuk perlengkapan siswa sebagai persediaan suplai daerah.

( Dibuat Oleh Arbain, Kerumahtanggaan LPMP Kaltim, Maret 2016)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *